Beranda News MPR: Kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf terus meningkat sepanjang tahun ketiga.

MPR: Kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf terus meningkat sepanjang tahun ketiga.

Jakarta (Antara). Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI, menyatakan puas atas kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin yang terus membaik di tahun ketiga menjabat pada 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, dia mengatakan peningkatan kepuasan kerja itu terlihat dari hasil survei terbaru Poltracking Indonesia yang menunjukkan kepuasan publik tertinggi terhadap kinerja pemerintahan Jokowi Maruf.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dari 21 November hingga 27 November 2022. pengambilan sampel acak bertingkat dengan kurang lebih 1.220 responden dan tingkat kesalahan kurang lebih 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan demikian, tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf Amin sebesar 73,2 persen. Tercatat, pada kategori kepuasan terhadap hasil kegiatan keduanya, paling banyak disumbang oleh pemberian program bantuan negara sebanyak 23,4 persen dan pembangunan proyek nasional 9,7 persen.

Bambang menilai pencapaian kepuasan kerja Jokowi-Marouf karena pengalaman dan kepekaannya dalam memimpin negara. Hal itu dibuktikan dengan kesediaannya untuk hadir langsung di tengah masyarakat saat terjadi bencana seperti gempa di Chianjur, Jawa Barat.

“Jokowy, menurut perkiraan saya, rasa krisis yang tinggi dibanding pemimpin lainnya,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI itu.

Ia melanjutkan dengan mengkuantifikasi, salah satu hal yang menjelaskan tingkat kepuasan adalah sektor pendidikan 78,5 persen dan sektor kesehatan 77,9 persen yang paling banyak mendapat kepuasan.

Disusul masalah sosial budaya 73,7%, pertahanan dan keamanan 73,1%, politik dan stabilitas nasional 70,3%.

Sedangkan kepuasan di bidang ekonomi tercatat sebesar 64,5 persen dan penegakan hukum sebesar 62,9 persen, pencapaian terendah.

“Kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin fluktuatif, namun relatif terus meningkat sepanjang tahun 2022, terlihat dari hasil survei Poltracking pada Mei 59,6 persen, Agustus 66,2 persen, dan November 73,2 persen,” kata Bamsot.

Artikel sebelumyaKaleidoskop – Memperluas Wilayah Papua Untuk Percepatan Pembangunan